Penulis / NIM
SRI YULANDA MALE / 411412021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Sri Yulanda Male, NIM. 411412021. "Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Barat". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model think pair share lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pengajaran langsung pada materi garis dan sudut di kelas VII. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 2 Limboto Barat pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan berpikir kritis matematika siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model think pair share lebih tinggi dari pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 80,67 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 61,61. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 55 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 5,35 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6735, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa, Garis dan Sudut.
Download berkas