Penulis / NIM
MELTA ANGGITA MANDENG / 411412030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Abstrak
ABSTRAK
Melta Anggita Mandeng, 2016. "Deskripsi Kemampuan komunikasi Matematika Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Ukuran Pemusatan di SMK Negeri 4 Gorontalo" Skripsi. Gorontalo. Juruan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal Median pada sub pokok bahasan ukuran pemusatan data. Indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal median pada sub pokok bahasan ukuran pemusatan data dalam penelitian ini yaitu (1) Menyatakan situasi, gambar, diagram kedalam bahasa, simbol, tabel, idea, model matematika, (2) Menjelaskan idea situasi dan relasi matematika secara tulisan dalam bentuk gambar, tabel, diagram, atau grafik, (3) Menggunakan istilah-istilah, hubungan matematika dan strukturnya untuk menyampaikan ide-ide. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek Penelian adalah Peserta didik kelas XII SMK Negeri 4 Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan analisi data diperoleh bahwa hasil kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas XII SMK Negeri 4 Gorontalo dalam menyelesaikan soal Median pada sub pokok bahasan ukuran pemusatan data tergolong dalam kategori Sedang.
Kata Kunci : Komunikasi Matematika, Median
Download berkas