Penulis / NIM
SOPYAN LAKUDJU / 411412031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Sopyan Lakudju. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Negeri 1Telaga. SKRIPSI, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo 2019.
Pembimbing (1) Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd, (2) Dra. Kartin Usman, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Data pada penelitian ini berupa data hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan tes berbentuk uraian dan hasil wawancara dari beberapa siswa serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah valid dan reliabel dengan menggunakan uji statistik, korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada aspek kelancaran sebesar 43,47%, dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek keluwesan sebesar 39,30%, sementara rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek kebaruan sebesar 37,50% dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek keterperincian sebesar 31,94%. Jadi rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematikas siswa sebesar 38,05%. Artinya bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga pada materi sistem persamaan linear dua variabel tergolong dalam kategori kurang mampu.
Kata-kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matematika.
Download berkas