Penulis / NIM
RIYAN ABDULLAH / 411412032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Riyan Abdullah, 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Lingkaran Di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga.
Skripsi, Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing:
(1) Dr.Abdul Djabar Mohidin, M.Pd, (2) Dra.Lailany Yahya M,Si
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menggambarkan serta untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga pada materi persamaan lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dengan subjek penelitian 26 orang. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang didukung dengan hasil wawancara yang kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi , penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa kategori siswa yang berkemampuan pemecahan masalah tinggi yaitu sebanyak 1 orang dengan persentase kemampuan pemecahan masalah 68,75%, siswa yang berkemampuan pemecahan masalah sedang yaitu sebanyak 7 orang dengan persentase kemampuan pemecahan masalah 40,89 %, dan siswa yang berkemampuan pemecahan masalah rendah yaitu sebanyak 18 orang dengan persentase kemampuan pemecahan masalah 34,37%. Dan jika ditinjau dari indikator kemampuan pemecahan masalah untuk indikator 1 yaitu memahami masalah persentasenya sebesar 17,09%, indikator 2 merencanakan penyelesaian masalah persentasenya sebesar 67,47%, indikator 3 melaksanakan rencana penyelesaian masalah persentasenya sebesar 65,08%, dan untuk indikator 4 mengevaluasi penyelesaian masalah persentasenya sebesar 42,38%, Secara keseluruhan untuk kemampuan pemecahan masalah matematisnya masih rendah yaitu sebesar 48%.
Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah, Persamaan lingkaran
Download berkas