Penulis / NIM
DEWI PURNAMA SARI MANGGOPA / 411412037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABAS KALUKU, M.Si / 0014045708
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Dewi Purnamasari Manggopa, NIM. 411412037. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP 1 Telaga Jaya".
Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Drs. Abas Kaluku, M.Si (2) Drs. Majid, M.Pd,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada materi Oprasi Hitung Aljabar. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP 1 Telaga Jaya pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP. 1 Telaga Jaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan TeknikSimple Random Sampling. Pengukuran kemampuan komunikasi matematis dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih baik dari model pembelajaran langsung, yang ditunjukkan oleh adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 26,13 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 21,6. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 21 menunjukkan thitung> ttabel. Diperoleh thitung = 1,97 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,68, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan komunikasi antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata Kunci :Kemampuan Komunikasi Matematis, Realistic Mathematics Education, Oprasi
Aljabar
Download berkas