Penulis / NIM
NORSI K. MOHA / 411412044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN
PERBANDINGAN
Norsi K. Moha
Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNG
ABSTRAK
Norsi K. Moha. 2016. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah siswa tersebut memperoleh suatu pengalaman belajarnya, yang berakibat pada perubahan perilakunya, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti serta dari yang tidak tahu menjadi lebih tahu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pembelajaran kontekstual yang bertujuan untuk melihat apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Kontekstual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional, pada pokok bahasan Perbandingan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah posttest untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limboto. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua bagian, yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan perbandingan di kelas VIII. Ini berarti bahwa model pembelajaran kontekstual lebih unggul dalam mengajarkan pokok bahasan perbandingan.
Kata Kunci : kontekstual, hasil belajar.
Download berkas