Penulis / NIM
SILVIYANA KADIR / 411412050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Silviyana Kadir, NIM. 411412050. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2019.
Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd, (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika dari siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian sebanyak 26 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika dalam bentuk tes essay dengan soal materi bangun ruang dan wawancara untuk memperoleh keterangan dan informasi secara lebih mendalam mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada soal materi bangun ruang. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan 4 indikator yaitu : (a) memahami masalah, (b) merencanakan pemecahan masalah, (c) melakukan penyelesaian masalah, (d) melakukan pemeriksaan kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) kemampuan pemecahan masalah matematika terdapat 11 siswa yang berada di atas dari rata-rata skor dan 15 siswa yang berada di bawah dari rata-rata skor dengan rata-rata skor 158,2. (b) kemampuan memahami masalah terdapat 7,7% berada pada kategori tinggi, 76,92% berada pada kategori sedang dan 15,38% berada pada kategori rendah. (c) kemampuan merencanakan pemecahan masalah terdapat 19,23% berada pada kategori tinggi, 61,54% berada pada kategori sedang dan 19,23% berada pada kategori rendah. (d) kemampuan melakukan penyelesaian masalah terdapat 19,23% berada pada kategori tinggi, 69,23% berada pada kategori rendah dan 11,54% berada pada kategori rendah. (e) kemampuan melakukan pemeriksaan kembali terdapat 19,2% berada pada kategori tinggi, 65,4% berada pada kategori sedang, dan 15,4% berada pada kategori rendah.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Bangun Ruang
Download berkas