Penulis / NIM
SRIWAHYUNI PONGOLIU / 411412052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
SRIWAHYUNI PONGOLIU. 2019. Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Gender Semester Genap Kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Program studi pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Dra. Kartin Usman, M.Pd
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto yang berjumlah 124 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen dokumentasi tes tertulis berupa soal objektif semester genap tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata presentase hasil belajar siswa laki-laki sebesar 44,33% dan nilai rata-rata presentase hasil belajar siswa perempuan sebesar 53,03%. Berdasarkan analisis hasil belajar matematika laki-laki dan perempuan pada ulangan semester genap tahun ajaran 2018/2019 kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto bahwa hasil belajar matematika siswa laki-laki lebih rendah dari pada hasil belajar matematika siswa perempuan. Rata-rata persentasi capaian kemampuan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Limboto pada materi semester genap menurut indikator hasil belajar siswa yaitu pengetahuan, pemahaman, dan penerapan, yaitu sebagai berikut: Rata-rata nilai pengetahuan laki-laki (50,69) dan siswa perempuan (61,21), Rata-rata nilai pemahaman laki-laki (39,3) dan sisa perempuan (52,1), Rata-rata nilai penerapan laki-laki (48,48) dan rata-rata nilai siswa perempuan (54,72,Rata-rata nilai analisis siswa laki-laki (37,72) dan siswa perempuan (49,24) yang berarti hasil belajar siswa pada tiap indikator masih belum tuntas
Kata Kunci : Hasil Belajar, Gender
Download berkas