SKRIPSI

Penulis / NIM
YETIYANA / 411412057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK Yetiyana, 411412057, 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi operasi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Indikator yang digunakan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika antara lain (1) Kesalahan konsep, (2) Kesalahan operasi, (3) Kesalahan tanda/notasi, (4) kesalahan pemahaman soal. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo yang telah mempelajari materi operasi aljabar pada tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/Verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika kelas VII-1 SMP Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo pada materi operasi aljabar masih tergolong sedang. Hal ini disebabkan karena siswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator kesalahan siswa. Adapun capaian rata-rata tertinggi berada pada indikator kesalahan konsep 60% dan capaian terendah berada pada indikator kesalahan tanda/notasi dengan capaian 17%. Kata kunci : Kesalahan Matematika Siswa, Operasi aljabar. ABSTRACT Yetiyana, 411412057, 2018. An Analysis of Students' Errors in Resolving Mathematical Questions in Algebra Operating Materials (a Case Study in Junior High School SMP Negeri 1 Limboto, Gorontalo Regency). Undergraduate Thesis. Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. Co-supervisor: Dra. Lailany Yahya, M.Si This research is descriptive research with a qualitative approach to analyze and describe students' errors in resolving mathematical questions in algebra operating materials in Junior High School SMP Negeri 1 Limboto, Gorontalo Regency. The indicators used to describe students' mistakes in solving math problems include (1) Concept errors, (2) Operation errors, (3) Sign/notation errors, (4) Error understanding questions. The data were obtained through observation, written test, and interview. The subject of this research is students of Grade VII in Junior High School SMP Negeri 1 Limboto, Gorontalo Regency who has learned the algebra operation in the academic year of 2017/2018 While the data analysis techniques used in this study are data reduction, data presentation, and conclusion/verification. Based on data analysis, the results showed that students' errors in solving mathematics problems were still classified as moderate. It is because students are only able to fulfill some indicators of students' errors. The highest average achievement is in the 60% concept error indicator, and the lowest achievement is in the indicator of error/notation with the achievement of 17%. Keywords: Students' Mathematics Errors, Algebra Operations.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011