SKRIPSI

Penulis / NIM
SEPRIANSYAH PAPUTUNGAN / 411412059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK Sepriansyah.P, NIM. 411412059. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament Terhadap Penguasaan konsep matematis siswa. SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan penguasaan konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi transformasi. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Batudaa pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batudaa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tehnik simple random Sampling. Pengukuran penguasaan konsep matematis siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tes Penguasaan konsep matematis siswa berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan Model pembelajaran kooperatif Tipe Team-Game-Tournament lebih baik dari pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan Penguasaan konsep matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata Penguasaan konsep matematis siswa pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 36,0 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 22,5. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 42 menunjukkan thitung> ttabel. Diperoleh thitung = 2,82 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,679, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan Penguasaan konsep matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe Team-Game-Tournament terhadap Penguasaan konsep matematis siswa. Kata Kunci : Penguasaan Konsep matematis, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team-Game-Tournament.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011