Penulis / NIM
RATNA ARIFIN / 411412060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Ratna Arifin. Nim 411412060"Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Materi Pecahan melalui Model Pembelajaran Picture And Picture DiKelas VII Smp Negeri 1 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara"SKRIPSI. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Sarson W.Dj Pomalato, M.Pd dan Dra.Kartin Usman M.Pd Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik di kelas VII-C SMP Negeri 1 Tolinggula pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII-C SMP Negeri 1 Tolinggula yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan atau evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pengamatan aktivitas guru dan siswa sudah memenuhi indikator kinerja, tetapi intuk hasil belajar hanya 3 dari 20 siswa (31.00%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 75. Persentase keberhasilan siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Belum tercapainya indikator kinerja, disebabkan persentase kemampuan komunikasi matematika siswa tidak mencapai kriteria yang ditentukan yaitu minimal 75% dari keseluruhan siswa yang dikenai tindakan. Berdasarkan hasil yang belum mencapai indikator kinerja pada siklus I maka dilaksanakan perbaikan pada siklus II. Hasil tindakan pada siklus II menunjukkan pengamatan aktivitas guru dan siswa memperoleh penilaian minimal baik dan hasil belajar siswa mencapai indikator kinerja yaitu 18 dari 20 siswa (81,75%) yang dikenai tindakan memperoleh nilai diatas 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa "Jika Model picture and picture diterapka pada pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan, maka kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII-C SMP Negeri 1 Tolinggula akan meningkat"
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model picture and picture
Download berkas