Penulis / NIM
EFENDI MAMONTO / 411412062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
ABSTRAK
Mamonto, Efendi. 2016. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo. (Suatu Penelitian yang Dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Metode Mind Mapping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan metode mind mapping dibandingkan dengan metode konvensional. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 2 Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan berpikir kreatif matematis dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Dari perhitungan yang diperoleh nilai thitung adalah 2,86 sedangkan nilai ttabel diperoleh t(0,95)(67) = 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa thitung berada pada daerah penolakan H0 dengan demikian H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pelajaran matematika melalui metode mind mapping lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran matematika melalui metode konvensional.
Download berkas