Penulis / NIM
ANSHARISKIANDA KIU / 411412063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstrak
Anshariskianda Kiu. Nim 411412063. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Persamaan Kuadrat melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Di Kelas VIII (Suatu Penelitian Yang Dilaksanakan Di SMP N. 1 Limboto). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada pokok bahasan persamaan kuadrat di di SMP N. 1 Limboto. Hasil tes awal kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VIII7 rata-rata untuk tiap indikator tergolong rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 79.16%, observasi aktivitas siswa mencapai 47.31% sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 20.47%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 100%, semua aspek mencapai kriteria minimal baik, dan observasi aktivitas siswa mencapai 85.59% sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis matematika siswa mencapai 81.51%.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan kemampuan pecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N. 1 Limboto.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Materi Persamaan Kuadrat.
Download berkas