Penulis / NIM
LUCINDA S. NINA / 411412074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK
Lucinda S. Nina, NIM. 411412074. "Pengaruh Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Sub Materi Prisma dan Limas Kelas VIII SMP Negeri 12 Gorontalo". Skripsi. Di Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan model pembelajaran langsung, pada sub materi prisma dan limas. Penelitian eksperimen ini dilakukan di kelas VIII semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu simple Random Sampling. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk tes essay. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model Auditory Intelectualy Repetition (AIR) lebih tinggi dari model pembelajaran langsung pada sub materi prisma dan limas. Ini berarti bahwa model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) lebih unggul dalam membelajarkan materi prisma dan limas daripada model pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Auditory Intellectually Repetition (AIR)
Download berkas