Penulis / NIM
NOVITA MOOMIN / 411412076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Abstrak
Novita Moomin, 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Kelas VIII SMP/MTS. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, S.Pd, M.Pd. (2) Prof.Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd.Penelitian ini berupaya untuk mengatasi kesulitan peserta didik akibat dari keterbatasan lembar kegiatan peserta didik yang tersedia sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII SMP/MTS yang baik dan dapat digunakan. Jenis penelitian yaitu Penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan mengacu pada model pengembangan 4-D (four D models), yang meliputi 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Penelitian ini dimodifikasi dari model pengembangan 4-D dan dibatasi sampai pada tahap pengembangan (develop). Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan ahli sebagai validator perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil uji coba lapangan menunjukan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik sudah memenuhi persyaratan digunakan sebagai salah satu perangkat pembelajaran matematika. Dengan demikian Lembar Kegiatan Peserta Didik yang dimaksud layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika untuk kelas VIII SMP/MTS.
Kata Kunci: Lembar kegiatan peserta didik, Pengembangan Pembelajaran
Download berkas