Penulis / NIM
NURFAZLINA AIRMAS / 411412079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
Nurfazlina Airmas. Nim 411412079. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi kubus dan balok (suatu penelitian di kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2017.
Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 8 Gorontalo. Tes awal untuk hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 rata-rata untuk tiap indikator tergolong rendah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil kegiatan observasi guru mencapai 62.51%, observasi aktivitas siswa mencapai 44.12% sedangkan hasil belajar matematika siswa mencapai 8.7%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 95.84%, semua aspek mencapai kriteria minimal baik, dan observasi aktivitas siswa mencapai 90.62% sedangkan hasil belajar matematika siswa mencapai 86.95%.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Materi Kubus dan Balok
Download berkas