SKRIPSI

Penulis / NIM
RACHMAD NOVRIANTO YUSUF / 411412082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK Rachmad Novrianto Yusuf, NIM. 411412082. "Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Matematika Siswa Pada Materi Jarak, Titik, Garis dan Bidang Kelas X di MAN Model Gorontalo ". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd, (2) Dra. Lailany Yahya, M.Si, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada sub pokok bahasan jarak, titik, garis dan bidang. Penelitian eksperimen ini dilakukan di MAN Model Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Model Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dari model pembelajaran langsung, yang ditunjukkan oleh adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen ( X ...(_1^ ) ) = 38,05 dan kelas kontrol ( X ...(_2^ ) ) = 25,25. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 20 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 5,574 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,69, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci : Group Investigation, Hasil Belajar Matematika, Jarak Titik Garis dan Bidang.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011