Penulis / NIM
MERITRIANA / 411412083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Pembimbing 2 / NIDN
RESMAWAN, S.Pd., M.Si / 0013048801
Abstrak
ABSTRAK
Meritriana. NIM. 411412083. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dikelas XI MIPA-5 SMA Negeri 1 Tibawa. Skripsi. Program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing (1) Nursiya Bito, S.Pd, M.Pd Pembimbing (2) Resmawan, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Integral kelas XI Mipa-5 di SMA Negeri 1 Tibawa melalui model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan Guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan melakukan tes terhadap materi pada akhir pertemuan. Adapun yang menjadi tekhnik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam II Siklus, tindakan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Pada hasil pelaksanaan siklus I hasil capaian rata-rata siswa sebesar 71,20%. Hal ini disebabkan kurangnya bimbingan guru pada masing-masing kelompok dalam mengumpulkan informasi, guru kurang memberikan motivasi kepada siswa sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, interaksi antara siswa dalam kelompok belum maksimal. Setelah dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus II hasil capaian rata-rata siswa sebesar 82,58%. Hasil penelitian dari Siklus I dan Siklus II menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada materi Integral dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.
Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar
Download berkas