Penulis / NIM
EKA WATI / 411412087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
Abstrak
Ekawati, NIM. 411412087. "Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based learning (RBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa'. SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model resource based learning dibandungkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Kelas VIII4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan diuji diuji menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran resource based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran resource based learning sebesar 28,625 dan rata-rata pada kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung sebersar 15,227. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran resource based learning lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Resource Based Learning.
Download berkas