Penulis / NIM
ABDUL NAJIB TUADINGO / 411412089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Najib Tuadingo. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Penelitian Eksperimen Pada Siswa kelas VIII SMP N 1 Mootilango). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Novianita Achmad, M.Si (II) Nurwan, M.Si
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran metode Problem solving dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran metode Ekspositori pada pelajaran matematika khususnya pada materi Faktorisasi Bentuk Aljabar, siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mootilango.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mootilango Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 122 siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik simple random sampling. Diperoleh kelas VIII-2 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran metode Problem solving dan VIII-3 kelas yang dibelajarkan pembelajaran metode Ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 4 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (independen t-test).
Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa yang dibelajarkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode problem solving lebih tinggi dari pada pembelajaran dengan metode ekspositori.
Kata kunci: Hasil Belajar, Faktorisasi Bentuk Aljabar
Download berkas