SKRIPSI

Penulis / NIM
MARINI ISMAIL / 411412091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
ABSTRAK Marini Ismail.2016. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 10 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurursan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimibing : (I) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (II) Novianita Achmad, M.Si. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 127 orang siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik simple random sampling. Diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan model Learning Cycle 5E dan VIII-2 kelas yang dibelajarkan dengan model pengajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay terdiri dari 5 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (indepensen t-test). Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan berpikir matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model learning cycle 5E lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan menggunakan pengajaran langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model Learning Cycle 5E lebih unggul dalam mengajarkan materi Kubus dan Balok. Kata kunci: Model Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011