Penulis / NIM
SITI RAHMAWATI LAMAKE / 411412092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
ABSTRAK
Siti Rahmawati Lamake, NIM 411 412 092" Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo ". (Suatu Penelitian Eksperimen Kelas VIII Pada Sub Materi kubus dan balok). Skripsi, Gorontalo, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Konvensional pada materi Kubus Balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 10 Kota Gorontalo kelas VIII pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Kota Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kemampuan pemecahan matematika siswa yang dibuat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional pada materi kubus balok
Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Reaistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata kunci : Kemampuan pemecahan masalah Matematika Siswa, Pendekatan Pembelajan Matematika Realistik, Pembelajaran Konvensional.
Download berkas