Penulis / NIM
AJI AKBARSYAH PUTRA SUNARDI / 411412096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ABDUL WAHAB ABDULLAH, M.Pd / 0002016407
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Abstrak
Aji Akbarsyah Putra Sunardi, NIM. 411412096. Pengaruh Metode Pembelajaran IMPROVE Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas XI IPA. SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing I Drs Abdul Wahab Abdullah M.Pd. Pembimbing II Nursiya Bito S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan metode Pembelajaran IMPROVE berpengaruh dari kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori, pada sub pokok materi statistika. Penelitian eksperimen ini dilakukan di MA N Batudaa pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017, dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA N Batudaa yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tehnik Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas XI IPA 1 yang diajarkan menggunakan Metode Pembelajaran IMPROVE, dan kelas XI IPA 2 yang diajarkan menggunakan Metode pembelajaran Ekspositori. Pengukuran kemampuan komunikasi matematika dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan komunikasi matematika berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t dua sampel bebas (independen t-test ). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematika yang diajarkan dengan menggunkan metode Pembelajaran IMPPROVE Berpengaruh terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen (X ..._1 )=51,82 dan kelas kontrol (X ..._2 )=44,59 dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode Pembelajaran IMPROVE terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika, Metode Pembelajaran IMPROVE dan Statistika.
â
Abstract
Akbarsyah Aji Putra Sunardi, NIM. 411412096. Effect IMPROVE Study Method Of Communication Skills Math Grade XI IPA. Thesis. Department of Mathematics. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Gorontalo State University, 2017. Supervisor I Drs Abdul Wahab Abdullah M.Pd. Supervisor II Nursiya Bito S.Pd, M.Pd.
This study aims to determine whether the mathematical communication skills of students that learned with the learning method IMPROVE Impact of mathematical communication skills of students that learned with expository method, the sub subject matter of statistics. This experimental study conducted in MA N Batudaa in the first semester of the school year 2016/2017, with post test only control group design. The population in this study were all students grade XI MA N Batudaa consisting of 2 classes. Sampling was done by using Simple Random Sampling technique. The selected sample is class XI IPA 1 is taught using IMPROVE Learning Method, and class XI IPA 2 are taught using learning methods Expository. The measurement communication capabilities of mathematics is done by using mathematical communication skills test instrument shaped test description. These instruments have been eligible validity and reliability of the instrument. Analysis of the data to test the hypothesis of the research is done using two independent samples t test (independent t-test). Based on the results of the study, showed that mathematical communication skills that are taught by using methods Learning IMPPROVE Impact Communication Skills Mathematics that learned by using methods expository, this can be seen in the difference mathematical communication skills of students in the experimental class and control class that is the average value of the results learn mathematics experimental class (X ..._1 )=51,82 and the control class (X ..._2 )=44,59 and H1 accepted. Thus, the difference in students' mathematical communication ability between the experimental class and control class shows that there are significant learning methods IMPROVE against mathematical communication skills of students.
Keywords: Communication Skills Mathematics, IMPROVE Study Method and Statistics
Download berkas