Penulis / NIM
MISRIA TEREWAK / 411412098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Abstrak
ABSTRAK
Misria Terewak, Nim. 411412098. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Statistika".
Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing : (1) Dr. Ali Kaku. M.Pd, (2) Drs. Madjid. M.Pd,
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi Statistika.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian preetest post test control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batudaa tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 114 orang dan tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik simple random sampling. Dari populasi ini diambil dua kelas secara acak, kemudian dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan berdasarkan hasil rendom. Kelas VII1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share sedangkan kelas VII2 dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk essay. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui data hasil kemampuan pemecahan masalah matematis dalam besaran-besaran statistik seperti rata-rata (mean), nilai tengah (median), nilai yang sering banyak muncul (Modus), simpangan baku (Standar deviasi), dan menggambarkanya dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram. Sedangkan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji ANKOVA untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung = 4,0157 > ttabel =1,679 artinya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi statistika.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Model Pembelajaran Langsung.
Download berkas