SKRIPSI

Penulis / NIM
ENDANG SURIANI U. BAKARI / 411412099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Perbandingan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batudaa. Indikator yang digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa antara lain (1) Kemampuan menyatakan ide matematika kedalam bentuk model matematika secara tertulis, (2) Kemampuan menghubungkan benda nyata dan gambar kedalam ide matematika, (3) Kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dengan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi, struktur matematika dalam menyajikan ide matematika. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tertulis, dan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai kemampuan komunikasi matematika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Batudaa yang telah mempelajari materi perbandingan pada semester genap pada tahun ajaran 2016/2017. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/Verifikasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Batudaa pada materi perbandingan tergolong sedang. Hal ini disebabkan karena secara umum siswa belum mampu mencapai seluruh indikator kemampuan komunikasi matematika atau hanya memenuhi sebagian indikator kemampuan komunikasi matematika yang diukur dalam penelitian ini. Adapun capaian rata-rata tertinggi kemampuan komunikasi matematik siswa berada pada indikator (1) menyatakan ide matematika kedalam bentuk model matematika secara tertulis yakni sebesar 79,5%. Sedangkan rata-rata capaian terendah berada pada indikator Menyatakan peristiwa sehari-hari dengan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi, struktur matematika dalam menyajikan ide matematika yakni sebesar 37,1%. Kata kunci : Komunikasi Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematika, Perbandingan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011