Penulis / NIM
FIQI GARIBALDI UMAR / 411412105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstrak
Fiqi Garibaldi Umar, NIM. 411412105. "Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Sub Pokok Bahasan Barisan dan Deret Aritmetika". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model Penemuan terbimbing dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada sub pokok bahasan Barisan dan Deret Aritmetika. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negeri 1 Telaga pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Pengukuran kemampuan penalaran matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing lebih baik dari pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 48,56 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 42,6. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 59 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 1,695 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,670, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan penalaran antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Kata Kunci : Penemuan Terbimbing, Kemampuan Penalaran, Barisan dan Deret Aritmetika.
Download berkas