Penulis / NIM
DIAN PERMATASARI / 411412107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstrak
Dian Permatasari, NIM. 411412107. "Deskripsi Pengetahuan Metakognisi dalam Mengkonstruksi Pembuktian pada Sifat Aljabar dan Sifat Urutan Bilangan Real". (Suatu Penelitian di Jurusan Matematika Fakultas MIPA Tahun Ajaran 2015/2016). Pembimbing I: Dr. Abdul Djabar Mohidin, M.Pd. Pembimbing II: Hasan Panigoro, S.Pd, M.Si. SKRIPSI. Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, 2017.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan pengetahuan metakognisi mahasiswa dalam mengkonstruksi pembuktian pada sifat aljabar dan sifat urutan bilangan Real. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas d angkatan 2013 yang telah mengikuti kuliah analisis real.
Data dalam penelitian ini berupa data hasil tes dan dilanjutkan dengan hasil wawancara dari subjek penelitian. Tes yang digunakan berbentuk essay, yang terdiridari 4 butir soal dengan masing-masing soal memiliki 6 sub pertanyaan, namun yang digunakan pada pengumpulan data hanyalah sub pertanyaan yang valid dan realiabel. Untuk pelaksanaan wawancara dipilih beberapa subjek perwakilan dengan pengajuan beberapa pertanyaan terkait hasil tes mereka. Data dari kedua instrumen tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil Penelitian diperoleh persentase dari pengetahuan metakognisi subjek penelitian dalam melakukan pembuktian matematika pada sifat aljabar dan sifat urutan bilangan real ialah 48,61%. Dimana persentase masing-masing indikator diperoleh yaitu: (1)mengkonstruksi sebuah pemahaman 56,86%, (2)mengintegrasikan ide-ide baru 85,66%, (3)memaparkan konsep 45,29%, (4)memilih cara dan mengetahui sebab memilih cara tersebut 55,55%, (5)memilih alternatif cara lain 17,65% serta (6)menjabarkan tahapan-tahapan dalam menyelesaikan masalah 20,07%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengetahuan metakognisi mahasiswa dalam mengkonstruksi pembuktian matematika pada sifat aljabar dan sifat urutan bilangan real dapat dilihat bahwa banyak responden yang tidak dapat menyebutkan jenis metode pembuktian yang digunakan, dan kurang dalam menjabarkan tahapan-tahapan pembuktian serta kurang bisa membuktikan dengan cara yang berbeda.
Kata Kunci :Pengetahuan metakognisi, mengkonstruksi pembuktian, sifat aljabar, sifat urutan, dan bilangan real.
Download berkas