Penulis / NIM
WIDI CANDIKA PAKAYA / 411412111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstrak
Abstrak
Widi Candika Pakaya. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Menerapkan Teori Van Hiele Pada Materi Lingkaran Di SMPN 2 Gorontalo Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd, (2) Hasan S. Panigoro, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran yaitu bahan ajar matematika dengan menerapkan teori Van Hiele pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa bahan ajar matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan ADDIE meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 2 Gorontalo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan bahan ajar matematika dengan menerapkan teori Van Hiele pada materi lingkaran adalah valid, peserta didik memberikan respon positif dengan rata-rata 98%, dan tes hasil belajar memberikan informasi bahwa 85,71% siswa yang mencapai syarat ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar matematika dengan menerapkan teori Van Hiele pada materi lingkaran, memiliki peran dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Kata kunci :Bahan Ajar, Teori Van Hiele
Download berkas