Penulis / NIM
SARLIN LATABI / 411412112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL DJABAR MOHIDIN, M.Pd / 0017076107
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Sarlin Latabi, 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa tentang Kubus dan Balok ditinjau dari Tingkat Berpikir Van Hiele. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Abd. Djabar Mohidin, M.Pd (2) Khardiyawan A.Y. Pauweni
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tentang kubus dan balok ditinjau dari tingkat berpikir Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo tahun ajaran 2015/2016. Data yang digunakan adalah hasil tes dan rekaman hasil wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa tingkat 0 (visualisasi) mampu dalam pemecahan masalah mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan yang ditanyakan, kurang mampu merumuskan masalah matematika, kurang mampu dalam mengembangkan strategi pemecahan masalah. Siswa tingkat 1 (analisis) dalam memecahkan masalah siswa kurang mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan yang ditanyakan, belum mampu merumuskan masalah atau menyusun model matematika, kurang mampu dalam mengembangkan strategi pemecahan masalah. Siswa tingkat 2 (abstraksi) dalam memecahkan masalah siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan yang ditanyakan, mampu merumuskan masalah atau menyusun model matematika, mampu dalam mengembangkan strategi pemecahan masalah, tetapi siswa pada tingkat ini belum mampu menafsir solusi dari masalah. Siswa tingkat 3 (Deduksi) dalam memecahkan masalah siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan yang ditanyakan, mampu merumuskan masalah atau menyusun model matematika, mampu dalam mengembangkan strategi pemecahan masalah dan siswa pada tingkat ini mampu menafsir solusi dari masalah dengan benar.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Tingkat Berpikir Van Hiele, Kubus dan Balok.
Download berkas