SKRIPSI

Penulis / NIM
NURMALA BIAHIMO / 411412113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK Nurmala Biahimo. 2016. Pengembangan Media Komik Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Aturan Pencacahan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : 1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd, 2) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd Materi aturan pencacahan merupakan salah satu materi matematika yang biasanya membahas soal-soal berkaitan dengan permasalahan sehari-hari atau biasa disebut dengan soal cerita. Namun, kenyataannya sebagian siswa masih menganggap soal cerita merupakan soal yang sulit untuk dikerjakan, karena siswa harus memahami inti permasalahan yang ada didalam soal cerita. Oleh sebab itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik serta efektif untuk memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah produk yang digunakan dalam pembelajaran yaitu media komik dengan pendekatan saintifik materi aturan pencacahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa media komik materi aturan pencacahan. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Borg and Gall yang meliputi research and information collecting, planning, develop preliminary form a product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, dissemination and implementation. Tahap penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap final product revision. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan media komik dengan pendekatan saintifik materi aturan pencacahan adalah valid, tes kemampuan menyelesaikan soal cerita memberikan informasi bahwa 85,71% peserta didik mencapai syarat ketuntasan, dan peserta didik memberikan respon positif dengan persentase rata-rata 80,80%, serta hasil wawancara yang memberikan informasi bahwa rata-rata guru matematika yang diwawancari merespon positif penggunaan media komik dalam pembelajaran. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah media komik dengan pendekatan saintifik materi aturan pencacahan yang dikembangkan telah dinilai valid dan memiliki peran dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa, serta penggunaan komik dalam pembelajaran mendapatkan respon yang baik dari guru maupun siswa. Kata kunci : pengembangan media komik, aturan pencacahan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011