SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMIATI R. HARMAIN / 411412114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Rahmiati R. Harmain, NIM. 411412114. "Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendekatan saintifik dan pendekatan kontekstual terhadap kemamuan penalaran matematika siswa pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tilango pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilango. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Pengukuran kemampuan penalaran matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik dengan yang diajar dengan pendekatan kontekstual. Ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis pada kelas eksperimen () = 36,5 dan kelas kontrol () = 37,2. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 40 menunjukkan thitung < ttabel. Diperoleh thitung = untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,68, thitung berada di daerah penerimaan H0, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian, tidak ada perbedaan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dengan yang diajar dengan pendekatan kontekstual Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Penalaran, Teorema Pythagoras
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011