Penulis / NIM
HASAN PASUE / 411412115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK
Hasan Pasue, 2017."Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Materi jarak antar titik, garis dan bidang dikelas XII IPA SMA Negeri 1 Tibawa"Skripsi.Gorontalo. jurusan pendidikan matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing :(1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas,M. Pd. (2) Khardiyawan A.Y Pauweni, S.Pd.MPd
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika dari peserta didik dalam menyelesaikan soal jarak antar titik, garis dan bidang pada sub pokok bahasan geometri. indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika yaitu (1) menyatakan situasi, gambar, diagram dalam bahasa simbol, tabel, ide, model matematika, (2) menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara tulisan dalam bentuk gambar, (3) menggunakan istilah-istilah matematika untuk menyatakan ide-ide, dan (4) menarik kesimpulan dari pernyataan atau paragraph matematika. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Tibawa tahun pelajaran 2016-2017. pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes berbentuk uraian. teknik analisis data menggunakan statistik sederhana berupa mean, median, modus, dan presentase kemudian dikualitatifkan dalam bentuk kategori. pengkategorian mengacu pada PERMENDIKBUD No 104 tahun 2014. hasil penelitian berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematika dari peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Tibawa pada materi jarak antar titik, garis dan bidang menunjukkan bahwa pada indikator, 1) kemampuan menyatakan situasi, gambar, diagram, dalam bahasa simbol, tabel, ide, model matematika dalam kategori sangat baik, 2) kemampuan menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika secara tulisan dalam bentuk gambar dalam kategori sangat baik, 3) kemampuan menggunakan istilah istilah matematika untuk menyatakan ide ide dalam kategori cukup, dan 4) kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan atau paragraph matematika dalam kategori kurang. ini berarti peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Tibawa sudah sebagian besar memiliki kemampuan komunikasi matematika.
Kata kunci : Komunikasi Matematika, Jarak antar titik, garis dan bidang
Download berkas