SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR'AIN ABDULLAH / 411412117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK Nur'Ain Abdullah, NIM. 411412117. "Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kabila". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Evi Hulukati M.Pd, (2) Khardiyawan A. Y Pauweni, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran realistic mathematics education dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada sub pokok bahasan keliling dan luas segiempat. Penelitian eksperimen ini dilakukan di MTs. Muhammadiyah Kabila pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Kabila. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan komunikasi matematis dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education lebih baik dari model pembelajaran langsung, yang ditunjukkan oleh adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen () = 35,19 dan kelas kontrol () = 28,38. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 21 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 3,13 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,68, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan komunikasi antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran realistic mathematics education terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Realistic Mathematics Education, Keliling dan Luas Segiempat.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011