Penulis / NIM
BUDI ARISMAN / 411412118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. H. ISMAIL DJAKARIA, M.Si / 0024026403
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK
Budi Arisman, NIM. 411412118. "Pengaruh Model Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Gorontalo". SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Dibimbing Oleh: (I) Dr. Ismail Djakaria, M.Si (II) Khardiyawan A.Y. Pauweni, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Posing lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung, pada materi peluang. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Negeri 1 Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran Problem Posing lebih baik dari pembelajaran langsung, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas eksperimen X ...1 =72,03 dan kelas kontrol X ...2 =60,93 Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 59 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 2,28 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1,67, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci: Model Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Peluang
Download berkas