Penulis / NIM
SOFYAN ABDUL HABIEB / 411412119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
Abstrak
Sofyan Abdul Habieb, 2016. Pengembangan Bahan Ajar Statistika Pokok Materi Ukuran Pemusatan dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. (Suatu Penelitian Di SMK Negeri 1 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Khardiyawan A. Y. Pauweni, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar statistika pokok materi ukuran pemusatan dengan model pembelajaran berbasis proyek untuk kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar dengan model pembelajaran berbasis proyek untuk kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok materi ukuran pemusatan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D (four D models), yang terdiri 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Penelitian ini dimodifikasi dari model pengembangan 4-D dan batasi sampai pada tahap pengembangan (develop). Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan ahli sebagai validator bahan ajar yang dikembangkan dan siswa sebagai penilai dalam uji keterbacaan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-Akutansi2 di SMK Negeri 1 Gorontalo.
Kata Kunci: bahan ajar, kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran berbasis proyek
Abstract
Sofyan Abdul Habieb, 2016. Developing Statistics Material on Central Tendency Topic with Project based Learning Model for Student's Critical Thinking Ability in Mathematics (A case study at SMK Negeri 1 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo, Departement of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, state University of Gorontalo.
Principal supervisor is Drs. Sumarno Ismail, M.Pd and Co-supervisor is Khardiyawan A. Y. Pauweni, M.Pd.
This research aims at developing statistics material on central tendency topic with project based learning model for student's critical thinking ability in mathematics. This research in a learning material development research on central tendency topic with project based learning model for student's critical thinking ability in mathematics. This research and development refers to 4-D development model which consists of 4 stages namely define, design, develop, and disseminate. This research in modified from 4-D model and only to develop stage. In its developed and students as rater in readability test. The research subjects are all students at grade XI-Accounting 2in SMK Negeri 1 Gorontalo
Keywords: Material, Critical Thinking Ability, Project based Learning Model
Download berkas