Penulis / NIM
NURLELAWATI ADOLO / 411412120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK
Nurlelawati Adolo, NIM 411 412 120 " Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Kubus dan Balok". (Suatu Penelitian Eksperimen Kelas VIII di SMP Negeri 5 Gorontalo). Skripsi, Gorontalo, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan metakognitif dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional pada materi kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 5 Gorontalo kelas VIII pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kemampuan pemecahan masalah matematika yang dibuat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument.
Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji t dua sampel bebas diperoleh t hitung = 2,78 tenyata lebih besar dari nilai t tabel = 1,684 pada taraf kepercayaan = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 49. Hal ini berarti hipotesis nol yang menyatakan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan pendekatan metakognitif lebih rendah atau sama dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan metakognitif ditolak. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tanpa pendekatan metakognitif diterima.
Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Pendekatan Metakognitif
Download berkas