Penulis / NIM
SALMA SALMAN HASAN / 411412122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Salma Salman Hasan, NIM. 411412122. "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa". SKRIPSI. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional pada sub pokok bahasan Garis dan Sudut. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 2 Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMP Negeri 2 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan berpikir kreatif dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dari pembelajaran Konvensional, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen dan kelas control yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 73,97 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 62,79. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 68 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 32,237 untuk = 0,05 diperoleh ttabel = 1.675, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan berpikir kreatif dan Garis dan Sudut.
Download berkas