Penulis / NIM
IRVAN MUSTAPA / 411412124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
H.S. PANIGORO / 0001058501
Abstrak
ABSTRAK
Irvan Mustapa. Nim 411412124. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Materi Transformasi Di Kelas XI TKJ 1 SMK N 1 Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Pembimbing : (1) Drs. Perry Zakaria, M.Pd (2) Hasan S. Panigoro, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif untuk materi transformasi serta mengetahui respon dan peran media terhadap pemahaman peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan produk berupe media pembelajaran matematika interaktif untuk materi transformasi. Model pengembangan yang digunakan adalah Model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 1 di SMK N 1 Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan kualitas media berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi adalah valid dan sangat valid dengan skor masing-masing 3,11 dan 3,79. Kepraktisan media berdasarkan evaluasi media oleh guru memperoleh kriteria sangat praktis dengan skor 3,56. Peserta didik memberikan respon positif dengan rata-rata 74% dan tes hasil belajar menunjukkan bahwa 67% siswa mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan media pembelajaran memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman peserta didik.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Model ADDIE, Materi Transformasi
Download berkas