Penulis / NIM
ISTIQOMAH / 411412126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
ABSTRAK
Istiqomah, 2016. Profil Kemampuan Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Gorontalo
Skripsi, Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing:
(1) Dr.Tedy Machmud, M.Pd, (2) Dra.Kartin Usman, M.Pd
Salah satu materi dalam pembelajaran matematika yang posisinya tergolong penting adalah geometri. Kemampuan spasial dibutuhkan siswa untuk menunjang dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya geometri. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk untuk menggambarkan serta untuk mengetahui kemampuan spasial siswa SMK dalam memvisualisasikan dan merelasikan suatu objek serta kemampuan untuk mencari pedoman sendiri secara fisik atau mental di dalam ruang dengan pemberian tes dimensi tiga. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang siswa SMK masing-masing berkemampuan spasial tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitian diberi tes geometri dimensi tiga dan kemudian diwawancarai. Berdasarkan hasil analisis ditemukan kemampuan memvisualisasikan dan merelasikan suatu objek dimiliki baik subjek berkemampuan tinggi, sedang maupun rendah. Namun subjek mengalami kesulitan dalam mencari pedoman sendiri secara fisik atau mental di dalam ruang, baik sabjek berkemampuan tinggi, sedang maupun rendah.
Kata Kunci : Kemampuan spasial, Geometri
Download berkas