SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRIANI MAADI / 411412127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Abstrak
Abstrak Indriani Maadi, NIM. 411412127. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Ukuran Pemusatan. SKRIPSI. Gorontalo. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd, (2) Dra. Kartin Usman, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan model project based learning dan siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning pada sub materi mean. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Negeri 1 Gorontalo pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Pengukuran kemampuan berpikir krtitis matematis dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis berbentuk tes uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan model project based learning lebih baik dari model discovery learning, ini dapat dilihat pada perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis pada kelas eksperimen ((X_1 ) ...) = 67,88 dan kelas kontrol ((X_2 ) ...) = 45,44. Hal ini juga dapat dibuktikan melalui t-test dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 61 menunjukkan thitung > ttabel. Diperoleh thitung = 8,937 sedangkan ttabel = 1,670, thitung berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Mean, Project Based Learning. â Abstract Indriani Maadi, Student ID 411412127. The influence of Project based Learning Model toward Mathematical Critical Thinking Skill of Student on Central Tendency. SKRIPSI. Gorontalo. Departemen of Mathematics. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Gorontalo, 2016. The Principal supervisor is Dr. Tedy Machmud, M.Pd and the co-supervisor is Dra. Kartin Usman, M.Pd. This research aims at investigating whether or not there is difference between Mathematical Critical thinking skill of Student taugh by project based learning model and student taught by discovery learning model on sub material which is mean. This experimental research is conducted at SMK Negeri 1 Gorontalo on second semester 2015/2016 academic year with posttest only control group design planning. The population is all students at class of XI accounting SMK Negeri 1 Gorontalo. Technique of collecting the sample uses Simple random sampling. The measurement of Mathematical Critical thinking skill of student uses critical thinking skill test instrument namely description test. This instrument has been qualified validity and reliability instrument. Based on the result, learning using project based learning model is better than discovery learning model. It can be seen on the difference between Mathematical Critical thinking skill of Student at experiment class and control class which is the average score of Mathematical Critical thinking skill of student at experiment class ((X_1 ) ...) = 67,88 and control class ((X_2 ) ...) = 45,44. This also can be proved by significant level t-test is 0,05 and dk = 61 shows that tcount>ttable. It obtains tcount = 8,937 and ttable = 1,670, tcount is beyond the acceptance of H0 is rejected and H1 is accepted. Thus, there is difference between Mathematical Critical thinking skill with experimental class and control class that shows there is influence of project based learning model toword Mathematical Critical thinking skill of Student. Keywords : Mathematical Critical thinking skill, Mean, Project based Laerning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011