Penulis / NIM
LINDA AHMAD / 411412130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
ABSTRAK
Linda Ahmad. 2017. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Pendekatan Metakognitif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd (2) Drs. Franky A. Oroh, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu perangkat yang digunakan dalam pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menerapkan pendekatan metakognitif pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Four-D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dimodifikasi dari model pengembangan 4-D menjadi 3-D. Artinya, tahapan dalam penelitiaan ini dibatasi sampai pada tahap 3 yaitu pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII_A SMP Negeri 5 Gorontalo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa validator ahli menyatakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menerapkan pendekatan metakognitif pada materi bangun ruang sisi datar adalah valid. Persentase hasil pengamatan guru untuk materi kubus dan balok masing-masing adalah 80% dan 88,75%. Ini menunjukkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika dengan pendekatan metakognitif sudah baik dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran matematika di kelas VIII SMP.
Kata Kunci: Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pendekatan Metakognitif.
Download berkas