Penulis / NIM
FADLI ALIM KADIR / 411412132
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Drs FRANKY ALFRITS OROH, M.Si / 0020046304
Abstrak
Fadli Alim Kadir. Nim 411412132. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Pokok Lingkaran Di Kelas XI Akuntansi 1 (Suatu Penelitian Yang Dilaksanakan Di SMK Negeri 5 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2) Drs. Franky A. Oroh, M.Si
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan teori belajar Van Hiele pada materi pokok lingkaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Gorontalo. Hasil tes awal atau observasi awal yang dilakukan di kelas XII Akuntansi 1 rata-rata untuk materi geometri khususnya pokok bahasan lingkaran masih tergolong rendah.
Penelitian ini hanya berlangsung pada siklus 1 saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 90.48%, observasi aktivitas siswa mencapai 90.32% sedangkan hasil tes hasil belajar siswa mencapai 88.65%. Karena pada siklus 1 sudah mencapai kriteria atau indikator yang diharapkan maka, penelitian ini hanya berlangsung pada siklus 1.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena siswa sudah mampu meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Teori Belajar Van Hiele, Materi Lingkaran
Download berkas