SKRIPSI

Penulis / NIM
RAUF TAHA / 411412133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Pembimbing 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstrak
ABSTRAK Rauf Taha, NIM. 411412133. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TELAGA JAYA)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, pada pokok bahasan garis dan sudut. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 1 Telaga Jaya pada semester kedua untuk tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga Jaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu satu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan satu kelas sebagai kelas control, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung Langkah awal yang digunakan adalah dengan mengadakan uji coba terhadap instrumen, untuk mengetahui apakah instrumen tersebut dapat digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini, dengan menguji reliabilitas, validitas dan normalitas data. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dengan taraf signifikan 0,05. Setelah pada uji coba terbukti berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan pengumpulan data. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji t. Pengujian menunjukkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi Garis dan Sudut. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Make A match, Garis dan Sudut, Hasil Belajar Matematika.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011