Penulis / NIM
NURHAYATI RIZKI HASAN / 411412140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. LAILANY YAHYA, M.Si / 0019126805
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Rizki Hasan. Nim 411 412 140. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Project Based Learning Pada Pokok Bahasan Ukuran Pemusatan Di Kelas XII AK 1 (Suatu Penelitian Yang Dilaksanakan Di SMK Negeri 4 Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Pembimbing : (1)Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2)Dra. Lailany Yahya, M.Si
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis melalui model project based learning pada pokok bahasan ukuran pemusatan di SMK Negeri 4 Gorontalo. Hasil tes awal kemampuan komunikasi matematis dikelas XII Akuntansi 1 rata-rata untuk tiap indikator tergolong rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan siklus I, hasil observasi kegiatan guru mencapai 71.43%, observasi aktivitas siswa mencapai 68.52% sedangkan hasil tes kemampuan Komunikasi Matematis matematika siswa mencapai 13.33%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan guru mencapai 98.30%, observasi aktivitas siswa mencapai 98.58% sedangkan hasil tes kemampuan Komunikasi Matematis matematika siswa mencapai 86.67%.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran telah berhasil karena siswa sudah mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Project Based Learning, Materi Median
Download berkas