Penulis / NIM
ARTON IBRAHIM / 411412141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK
Arton Ibrahim, 411412141, 2018. Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kubus dan Balok Ditinjau dari Teori Van Hiele. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing: (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Nurwan, S.Pd., M.Si
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal kubus dan balok ditinjau dari teori Van Hiele di kelas IX B SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai. Teori Van Hiele yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai pada level 2: (1) Level 0 (visualisasi), (2) Level 1 (analisis), (3) Level 2 (deduksi informal). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis dalam bentuk uraian yang berjumlah 8 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas instrumen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai berjumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa paling banyak siswa yang mendapat skor di atas rata-rata adalah pada level 0 (visualisasi) yaitu ada 14 siswa atau 64% dan paling banyak siswa yang mendapat skor di bawah rata-rata adalah pada level 2 (deduksi informal) yaitu ada 11 siswa 50%. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai paling banyak berada pada level 0 dibandingkan dengan level 1 dan level 2.
Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Ditinjau dari Teori Van Hiele
Download berkas