SKRIPSI

Penulis / NIM
ARTON IBRAHIM / 411412141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
NURWAN / 0010058106
Abstrak
ABSTRAK Arton Ibrahim, 411412141, 2018. Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kubus dan Balok Ditinjau dari Teori Van Hiele. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd, (2) Nurwan, S.Pd., M.Si Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal kubus dan balok ditinjau dari teori Van Hiele di kelas IX B SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai. Teori Van Hiele yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai pada level 2: (1) Level 0 (visualisasi), (2) Level 1 (analisis), (3) Level 2 (deduksi informal). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis dalam bentuk uraian yang berjumlah 8 butir soal. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas instrumen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai berjumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa paling banyak siswa yang mendapat skor di atas rata-rata adalah pada level 0 (visualisasi) yaitu ada 14 siswa atau 64% dan paling banyak siswa yang mendapat skor di bawah rata-rata adalah pada level 2 (deduksi informal) yaitu ada 11 siswa 50%. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai paling banyak berada pada level 0 dibandingkan dengan level 1 dan level 2. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Ditinjau dari Teori Van Hiele
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011