Penulis / NIM
NURLAILA PIDU / 411412145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstrak
ABSTRAK
Nurlaila Pidu. NIM. 411412145. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas VIII4 SMP Negeri 2 Limboto". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. 2017.
Pembimbing : (1) Drs. Sumarno Ismail, M.Pd (2) Dr. Ali Kaku, M.Pd
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII4 SMP Negeri 2 Limboto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran matematika di kelas VIII4 SMP Negeri 2 Limboto.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika dengan menggunakan model tipe Teams Games Tournament (TGT). Dapat dilihat pada siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C) dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: jumlah siswa 24 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 33%, pada observasi kegiatan guru dari 32 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 69%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 8 orang atau 34%. Pertemuan 2 : jumlah siswa 24 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 62%, pada observasi kegiatan guru dari 32 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 91%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 15 orang atau 63%. Pertemuan 3 : jumlah siswa 24 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 15 orang hasil lembar observasi kegiatan siswa dari 6 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 87%, pada observasi kegiatan guru dari 32 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 97%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 22 orang atau 92%.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas VIII4 SMP Negeri 2 Limboto.
Kata Kunci: Model Tipe Teams Games Tournament , Hasil belajar siswa
Download berkas