Penulis / NIM
WIDYAWATI BILOA / 411412147
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstrak
ABSTRAK
Widyawati Biloâa, 2019. "Hubungan antara sikap terhadap matematika dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 7 Gorontalo,Skripsi. Gorontalo. Prodi Pendidikan Matematka. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd, (2) Dr. Ali Kaku, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hubungan antara sikap terhadap matematika dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Gorontalo Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 dengan sampel peneltian 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data sikap terhadap matematika dan tes pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji analisis regresi dan korelasi sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat hubungan positif antara sikap terhadap matematika dengan hasil belajar matematika di kelas VIII SMP Negeri 7 Gorontalo. Temuanini memberikan kontribusi sikap terhadap matematika sebesar 27,35% peningkatan hasil belajar matematika. Ini berarti bahwa bagi 27,35% hasil belajar matematika ditentukan oleh sikap terhadap matematika dan lainnya ditentukan oleh faktor lain.
Kata Kunci : Sikap Terhadap Matematika, Hasil Belajar Matematika
Download berkas