Penulis / NIM
LILANTI H. ABUBA / 411412148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Pembimbing 2 / NIDN
Drs SUMARNO ISMAIL, M.Pd / 0029116204
Abstrak
ABSTRAK
Lilanti H. Abuba, NIM 411 412 148 " Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Barat ". (Suatu Penelitian Eksperimen Kelas VIII Pada Sub Materi Garis Singgung Lingkaran). SKRIPSI. Gorontalo, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model think pair square dan siswa yang dibelajarkan dengan pengajaran langsung pada materi garis singgung lingkaran. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 2 Limboto Barat kelas VIII pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Barat. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kemampuan komunikasi matematika yang dibuat sendiri oleh peneliti dalam bentuk tes essay. Instrument ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran model think pair square lebih tinggi dari pada pengajaran langsung pada materi garis singgung lingkaran.Dengan demikian, adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh model think pair square terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Kata kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa, Model Think Pair Square, Pembelajaran Langsung
Download berkas