SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR AIN R. HIDIYA / 411413002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAJID, M.Pd / 0001026705
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
ABSTRAK Nur Ain R Hidiya, NIM. 411413002. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Luas dan Keliling Segitiga dan Segiempat Kelas VII di SMP Negeri 1 Tapa. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing : (1) Drs. Majid, M.Pd (2) Khardiyawan A.Y Pauweni, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif type Group Investigation (GI) dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, pada materi luas dan keliling segitiga dan segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapa tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 214 orang dan tersebar dalam sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk uraian. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif type Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan analisis kovariat (ANKOVA) diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata - rata hasil belajar siswa, diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 15,210 lebih besar dari 4,055 pada taraf kepercayaan = 0,05. Hal ini diartikan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif type Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi luas dan keliling segiempat dan segitiga. Kata Kunci: (a) Hasil Belajar Matematika siswa, (b) luas dan keliling segitiga dan segiempat, (c) Model pembelajaran kooperatif type Group Investigation, (d) model pembelajaran langsung.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011