SKRIPSI

Penulis / NIM
MOH. AFANDI R. TAHIR / 411413003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Drs. H. ISMAIL DJAKARIA, M.Si / 0024026403
Abstrak
ABSTRAK Moh. Afandi R. Tahir, 411413003. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Program Linear (Suatu Penelitian Deskriptif di Kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo). Skripsi. Gorontalo. Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing: 1) Prof.Dr. Sarson W.Dj Pomalato, M.Pd., 2) Dr. Ismail Djakaria, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas XI MAN 1 kota gorontalo sebanyak 11 kelas, sampel penelitian sebanyak 88 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika dalam bentuk soal uraian pada materi program linear. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan 4 indikator yaitu: (a) mengidentifikasi masalah, (b) merumuskan dan menyusun strategi penyelesaian masalah, (c) menerapkan strategi dan menyelesaikan masalah, (d) menyimpulkan hasil penyelesaian masalah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi program linear tergolong kategori rendah. Untuk indikator pertama mengidentifikasi masalah, terdapat 32,95 % berada pada kategori sangat tinggi, 1,14 % berada pada kategori tinggi, 6,82 % berada pada kategori sedang dan 59,09 % berada pada kategori rendah. Untuk indikator kemampuan merumuskan dan menyusun strategi penyelesaian maslah yaitu 10,23 % berada pada kategori sangat tinggi, 2,27 % berada pada tinggi, 4,55 % berada pada kategori sedang dan 82,95 % berada pada kategori rendah. Indikator kemampuan menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah yaitu 1,14 % berada pada kategori sangat tinggi, 2,27 % berada pada kategori tinggi, 4,55 % berada pada kategori sedang, 92,05 % berada pada kategori rendah. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Program Linear ABSTRACT Tahir, Moh. Afandi R. 411413003. The Analysis of Problem Solving Ability of Mathematics in Linear Program Material (A Descriptive Study on Grade XI MAN 1 Islamic High School Gorontalo City). Undergraduate Thesis. Gorontalo. Department of Mathematics, Study of Program of Mathematics Education. Faculty of Mathematics and Natural Sciences, 2017. Principal Supervisor: Prof. Dr. Sarson W. Dj Pomalato, M.Pd. Co-Supervisor: Dr. Ismail Djakaria, M.Si. This study aims to describe the students problem-solving ability of math of grade XI MAN 1 (Islamic High School) Gorontalo City. This research is a descriptive research with a population of all students of grade XI MAN 1, including 11 classes. The samples of research were 88 people with sampling technique used was simple random sampling. This research data were obtained from the test of the problem-solving ability of mathematics in the form of description problem in linear program material. In determining the problem-solving abilities of mathematics, three indicators were used: (a) identify problems, (b) formulate and develop problem-solving strategies, (c) implement strategies in solve problems. The results of data analysis showed that the ability of problem-solving mathematics in linear program material is in a low category. For the first indicator in identifying the problem, 32.95% are in the very high category, 1.14% are in the high category, 6.82% are in the moderate category, and 59.09% are in a low category. For indicators of ability to formulate and develop a problem-solving strategy arrives at 10.23% which is in the very high category, 2.27% is at the high category, 4.55% are in the medium category, and 82.95% are in a low category. Indicators of ability to apply strategies to solve the problem arrive at 1.14% which is in the very high category, 2.27% are in the high category, 4.55% are in the medium category, and 92.05% are in a low category. Keywords: Mathematics problems solving abilities, Linear program
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011